Apakah faktor dampak dari negara Indonesia bila terletak diantara 2 samudera dan 2 benua yaitu

Apakah faktor dampak dari negara Indonesia bila terletak diantara 2 samudera dan 2 benua yaitu?

Jawaban :

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan di antara dua samudera, yaitu Hindia dan Pasifik. Letak geografis tersebut memberikan dampak positif dan negatif bagi Indonesia.

Dampak positif dari letak geografis bagi Indonesia adalah Indonesia berada pada posisi persimpangan lalu lintas internasional, sehingga menjadi jalur pelayaran dan perdagangan dunia. Hal tersebut menyebabkan banyak kapal asing yang berlayar melewati Indonesia. Secara ekonomi, kondisi tersebut dapat menambah devisa negara. Secara sosial, kondisi tersebut dapat menyebabkan terjalinnya komunikasi yang baik antara warga negara Indonesia dengan warga negara asing dan terjadinya pertukaran atau percampuran budaya yang dapat menambah keragaman budaya Indonesia.

Dampak negatif dari letak geografis bagi Indonesia adalah rawan terjadi perdagangan ilegal, masuknya imigran gelap, dan masuknya budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, sehingga dapat menghilangkan budaya asli Indonesia.

Jadi, dampak positif dan dampak negatif letak geografis bagi Indonesia dapat dilihat dari segi ekonomi dan sosial seperti penjelasan tersebut di atas.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …