Cara Mudah dan Murah Membuat Audio Mobil

Cara Mudah dan Murah Membuat Audio Mobil

Cara Mudah dan Murah Membuat Audio Mobil – Mungkin kamu sedang ingin memiliki audio mobil, tapi karena masalah anggaran keinginan bisa mendengarkan musik dimobil jadi terhambat.

Cara Mudah dan Murah Membuat Audio Mobil

Tidak usah bingung, kali ini saya memberikan tutorial kepada kamu yang ingin relistis dan murah meriah. Yaitu dengan memasangkan speaker aktif yang ada dirumah dipasang ke mobil.

Apakah bisa? Bisa dong, tentu bisa dengan sedikit krearifitas kamu.

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil

Perlu diketahui bahwa Speaker aktif dirumah kamu memakai tegangan 220 volt AC. Sedangkan listrik pada dimobil hanya 12 volt DC, lalu bagaimana cara supaya speaker aktif bisa bekerja di 12volt DC?.

Dengan cara memasang rangkaian tambahan yang bernama inverter DC ke DC. Nah, saya memberi tahu langkah pemasangan rangkaian tambahan yang bernama inverter.

Sebenarnya inverter sudah ada yang bisa digunakan langsung ke speaker aktif tanpa harus mengubah rangkaian yaitu inverter jenis DC ke AC 220V tapi harganya MAHAL!!

Oleh karena itu jika ingin yang murah harus dengan sedikit kreatifitas maka memakai yang jenis DC ke DC sesuai voltase power suplay pada speaker aktive.

Bongkar Mesin

Tujuan membongkar mesin yaitu untuk melihat sistem power suplay. Sehingga kita tahu jenis power supplay yang dipakai. Biasanaya didalam sistim power suplay speaker aktif terdapat 2 macam yaitu:

  1. Sistim 2 arah Plus (+) dan minus (-) Untuk jenis sistem ini biasanya berukuran 12volt DC. Power amplinya memakai IC TDA 2xxxx biasanya. Untuk jenis ini kamu bisa langsung menyambungkan ke aki mobil tanpa memakai inverter lagi.
  2. Sistim 3 arah Plus (+), nol (0), dan (-). Sistem 3 arah biasanya dipakai pada mesin speaker aktive yang berdaya lumayan. Ukuran voltasenya sekitar kurang lebih 15 hingga 30 volt DC. Sistim jenis ini yang harus ditambahkan inverter. Karena di aki mobil hanya tersedia 12volt (-) dan (+), umumnya pada saat ingin memasang speaker aktif yang memakai amplifier transistor final TIP 41 dan 42 C memakai inverter input 12v dan output 24v CT masih mampu, atau jika kamu khawatir cepat rusak bisa memakai output inverter 18v CT.
Baca Juga :  Aplikasi Android Cek SPL Dan RTA Sound Sistem

Jika tidak tertera angkan yang menunjukan voltase maka kamu harus mengukur memakai multi tester DC VOLT. Berapa ukuranya?, setelah tau berapa ukuranya dan jenis power suplay yang dipakai pergi ke toko Elektronik yang menyediakan KIT inverter sesuai kebutuhan voltase power suplay speaker aktive.

Cara Memasang Inverter Ke Mesin Speaker Aktif

Setelah kamu membeli KIT inverter misalnya 24 volt DC, kini saatnya kamu memasang KIT inverter ke rangkaian mesin speaker aktif seperti gambar dibawah ini :

Pemasangan kabel out inverter langsung ke Elco tidak melalui Dioda power suplay bawaan speaker aktive. Pin REM jika tidak memakai head unit dapat disambungkan ke B+12v

Ketelitian perlu diperhatikan ketika kamu slesai merangkai. Teliti lagi sebelum dinyalakan!, pastikan jalur plus (+) dan minus (-) jangan sampai terbalik.

Cara Aman Memasang Speaker Aktif di Mobil

Memasang speaker aktif dimobil diperlukan kabel serabut yang besar. Karena KIT inverter akan memakan arus besar sehingga bila kebel yang dipakai kecil inverter akan mudah terbakar. Pastikan juga kamu memakai fuse sebagai pengaman tambahan walaupun di KIT inverter sudah ada fuse.

Akhir Kata

Begitulah cara memasang speaker aktive dimobil. Semoga bisa membantu rekan semuanya. Demikian informasi yang kami bagikan jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.