Apa manfaan bulan?

Apa manfaan bulan?

Jawaban:

Manfaat bulan adalah:

– Menjaga bumi pada porosnya, karena jika ada bulan, bumi miring 23,5 derajat. Kemiringan poros ini menciptakan iklim yang pas bagi kehidupan. Jika tak ada bulan, kemiringan bumi diperkirakan bisa mencapai 80 derajat. Tarikan gravitasi dari bulan menjaga rotasi bumi. Tanpa tarikan ini, bumi berputar lebih cepat, mengurangi waktu satu hari menjadi kurang dari 24 jam. Di masa lampau, manusia berpatok pada fase bulan untuk menghitung hari. Hingga hari ini, penanggalan bulan masih digunakan di tahun Islam atau tahun hijriah dan tahun China.

– Mengakibatkan pasang surut. Rotasi bulan menyebabkan pasang surut laut di bumi. Pasang surut menyebabkan udara bergerak atau menjadi angin. Karena angin dan pasang surut, manusia bisa berlayar. Nelayan tradisional bisa mencari ikan. Pasang surut saat ini juga dapat membangkitkan listrik.

– Melindungi bumi dari benda langit. Bulan juga menjaga bumi dari benda langit yang mendekati bumi. Jika ada asteroid yang ingin menabrak ke bumi, bulan bisa menjadi penghalang.

– Memberi penerangan di malam hari. Bulan sebenarnya tidak memancarkan cahaya. Sinar bulan yang kita lihat di malam hari, adalah pantulan dari sinar matahari. Tanpa sinar bulan di malam hari, manusia dan makhluk nokturnal akan kesulitan melihat. Malam akan sangat gelap.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …