Tuliskan tiga contoh kegiatan pembangunan di bidang pariwisata beserta manfaatnya bagi masyarakat

Tuliskan tiga contoh kegiatan pembangunan di bidang pariwisata beserta manfaatnya bagi masyarakat…

Jawaban :

Penyelarasan fisik, Penataan, dan Pengembangan.

Pembangunan kepariwisataan di Indonesia mencakup 4 pilar, yakni:
(1) Destinasi
(2) Pemasaran
(3) Industri
(4) Kelembagaan
Keempat pilar tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain yang tak terpisahkan (integrasi dan terpadu). Jumlah kunjungan bukan hanya keberhasilan pemasaran (promosi) melainkan juga keberhasilan upaya pengembangan destinasi, industri, serta kelembagaannya (manusia, aturan, dan organisasinya).

Pembangunan bidang pariwisata dapat dilakukan dengan upaya yang dimulai dengan penyelarasan fisik, penataan, dan pengembangan.
1. Penyelarasan fisik: Prasarana setempat yang mulai atau sudah rusak, sampah, beberapa jalan menuju daya tarik yang belum bertanda (arah), sarana akomodasi yang tersedia namun dengan kondisi yang mulai menurun, pelanggaran tata bangunan atau tata lingkungan serta tata pelayanan.
2. Penataan: memanfaatkan apa yang sudah ada (sudah dibangun), namun belum atau kurang berfungsi.
3. Pengembangan: meningkat lebih lanjut untuk menambah elemen baru, fungsi baru, cara atau strategi pemasaran yang baru, pengembangan jumlah sarana pariwisata atauninvestasi baru, pengembangan jenis usaha baru, dan bahkan juga pengembangan regulasi baru.

Maka, bisa disimpulkan bahwa tiga contoh kegiatan pembangunan di bidang pariwisata beserta manfaatnya bagi masyarakat adalah penyelarasan fisik, penataan, dan pengembangan.

Tinggalkan komentar