Sebagai negara maritim, Indonesia adalah pusat pelayaran. Apa buktinya? Jelaskan!

Sebagai negara maritim, Indonesia adalah pusat pelayaran. Apa buktinya? Jelaskan!

Jawaban :

Bukti bahwa Indonesia adalah pusat pelayaran yaitu secara geografis Indonesia terletak pada dua jalur lalu lintas dunia yaitu diantara dua benua dan dua samudra.

Penjelasan :

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki persentase luas perairan lebih luas dari pada daratannya, yaitu 2/3 dari keseluruhan wilayahnya. Karena hal tersebutlah yang membuat Indonesia merupakan jalur pelayaran dunia serta poros maritim dunia. Ada dua macam rute pelayaran dunia yang melewati Indonesia yaitu rute pelayaran utama yang merupakan jalur pelayaran yang paling penting dan melayani pasar utama dunia, dan rute pelayaran pendukung yang merupakan jalur pelayaran yang melayani pasar yang lebih kecil. Dari rute-rute pelayaran tersebut terlihat bahwa ada beberapa selat yang menjadi bagian dari jalur pelayaran dunia yaitu Selat Malaka, Selat Makassar, dan Selat Lombok.

Maka bisa disimpulkan bahwa, Indonesia menjadi pusat pelayaran karena terletak pada dua jalur lalu lintas dunia yaitu diantara dua benua dan dua samudra.

Tinggalkan komentar