Kesuburan tanah di sepanjang Sungai Nil dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya untuk pertanian. Kesuburan tanah tersebut akibat dari

Kesuburan tanah di sepanjang Sungai Nil dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya untuk pertanian. Kesuburan tanah tersebut akibat dari ….
a. abu vulkanik
b. sedimentasi/pengendapan dari Sungai Nil
c. pemberian pupuk organik
d. penerapan teknologi modern

Jawaban :

B. Sedimentasi/pengendapan dari Sungai Nil

Penjelasan :

Berikut pembahasannya, lapisan penyusun permukaan bumi yang terletak paling atas adalah lapisan kerak bumi. Lapisan ini terdiri dari batuan dan berbagai mineral, batuan tersebut mengalami sedimentasi dan mengendap dalam waktu yang lama dan membentuk lapisan tanah yang berguna bagi kegiatan pertanian. Kandungan di dalam tanah umumnya terdapat unsur hara dan mineral sehingga tumbuhan dapat hidup dengan baik. Salah satu jenis tanah yang subur yaitu tanah aluvial, tanah ini adalah tanah endapan yang terbawa oleh aliran sungai sehingga mengendap dan mengandung berbagai unsur mineral dan zat hara yang melimpah. Salah satu daerah yang memiliki tanah aluvial adalah di sekitar Sungai Nil, penyebab daerah ini banyak terdapat tanah aluvial disebabkan banjir yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Nil yang membawa sedimentasi atau pengendapan lumpur. Tanah yang terbawa arus sungai ini memiliki kesuburan yang baik sehingga mengundang banyak perhatian masyarakat untuk hidup dan tinggal di sekitar kawasan Sungai Nil.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Tinggalkan komentar