Bagaimana cara sapi betina menghasilkan susu?

Bagaimana cara sapi betina menghasilkan susu?

Jawaban:

Sapi menghasilkan susu melalui proses pencernaan makanan.

Pembahasan:

Sapi merupakan salah satu hewan penghasil susu yang banyak dikonsumsi oleh manusia. Sapi dapat menghasilkan susu melalui proses pencernaan. Pertama, sapi akan mengunyah rumput secara kasar sebelum menelannya ke dalam rumen (perut pertama). Rumput yang bercampur dengan air di dalam rumen kemudian dihancurkan menjadi struktur yang lebih halus dan kecil oleh bakteri khusus. Setelah rumput dihancurkan, rumput memasuki retikulum (perut kedua).

Di dalam retikulum, rumput dilunakkan dan dibentuk menjadi gumpalan kecil. Gumpalan tersebur kemudian dikeluarkan kembali ke mulut sapi dan dikunyah kembali sampai sangat lunak sekitar satu menit. Setelah selesai mengunyah yang kedua kali, sapi menelan ulang gumpalan ke bagian perut ketiga yang bernama omasum. Di dalam omasum, makanan ditekan untuk menghilangkan air dan dihancurkan lagi menjadi struktur sangat kecil.

Setelah itu, gumpalan memasuki memasuki perut keempat yang bernama abomasum. Selanjutnya, rumput yang dicerna di abomasum melewati usus kecil untuk penyerapan nutrisi penting. Nutrisi yang diserap oleh usus sapi dari proses pencernaan kemudian diubah menjadi susu oleh empat kelenjar susu di ambing setelah sekitar 2 sampai 3 hari. Setelah nutrisi berubah menjadi susu, sapi-sapi itu kemudian siap untuk menghasilkan susu.

Tinggalkan komentar