Secara geologis wilayah asia tenggara merupakan pertemuan lempeng bumi yang aktif. Keadaan ini menjadikan asia tenggara

Secara geologis wilayah asia tenggara merupakan pertemuan lempeng bumi yang aktif. Keadaan ini menjadikan asia tenggara…

Jawaban :

Lokasi Asia Tenggara secara geologis menjadikan Asia Tenggara sebagai daerah rawan bencana akibat banyaknya aktivitas tektonisme dan vulkanisme.

Penjelasan :

Secara geologis, wilayah Asia Tenggara merupakan pertemuan tiga lempeng utama bumi, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Indo-Australia, serta dilalui oleh dua jalur pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Hal ini menyebabkan banyaknya aktivitas tektonisme dan vulkanisme yang terjadi sehingga menjadikan wilayah rawan bencana bagi Asia Tenggara. Pertemuan tiga lempeng dan adanya dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan terbentuknya gunung api, meletusnya gunung api, gempa bumi, dan terjadinya tsunami. Selain itu, secara geologis juga menjadikan wilayah Asia Tenggara memiliki tanah yang subur, penghasil energi panas bumi, dan berbagai bentuk lainnya, seperti patahan Sumatera dan berbagai cekungan minyak dan gas bumi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa lokasi Asia Tenggara secara geologis menjadikan Asia Tenggara sebagai daerah rawan bencana akibat banyaknya aktivitas tektonisme dan vulkanisme.

Tinggalkan komentar