Apa dampak negatif dari kerja sama antara Indonesia dengan China ?

Apa dampak negatif dari kerja sama antara Indonesia dengan China ?

Jawaban :

Dampak negatif dari kerja sama antara Indonesia dengan China antara lain meningkatnya ketergantungan, maraknya produk impor dari China, dan semakin sulitnya lapangan kerja di Indonesia.

Penjelasan :

Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang dilakukan oleh dua negara, baik dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan, sosial, maupun budaya. Salah satu contoh dari kerja sama bilateral adalah kerja sama antara Indonesia dengan China. Kerja sama tersebut dapat menyebabkan dampak negatif sebagai berikut.
1. Meningkatnya ketergantungan Indonesia terhadap China, kerja sama dalam bidang ekonomi antara Indonesia dengan China saat ini tercermin melalui utang Indonesia terhadap China yang terus meningkat. Peningkatan utang tersebut dapat menyebabkan Indonesia semakin bergantung terhadap China.
2. Maraknya produk impor dari China yang dipasarkan di Indonesia, terlebih dengan harga produk dari China yang lebih murah, sehingga dapat mengakibatkan produk lokal menjadi kurang diminati dan pendapatan penduduk Indonesia pun menurun.
3. Semakin sulitnya lapangan kerja di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kerja sama antara Indonesia dengan China juga terwujud dalam bentuk penyaluran tenaga kerja dari China, hal tersebut menyebabkan penduduk Indonesia sendiri menjadi kesulitan mencari kerja dan menimbulkan pengangguran.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa dampak negatif dari kerja sama antara Indonesia dengan China antara lain meningkatnya ketergantungan, maraknya produk impor dari China, dan semakin sulitnya lapangan kerja di Indonesia.

Tinggalkan komentar