Apa yang harus dilakukan agar rantai makanan terjaga keseimbangannya?

Apa yang harus dilakukan agar rantai makanan terjaga keseimbangannya?

Jawaban:

Contoh upaya manusia di dalam menjaga keseimbangan rantai makanan di dalam ekosistem adalah membuang sampah pada tempat yang benar (bukan di sungai atau saluran air), melakukan tebang pilih tanam, melakukan reboisasi.

Manusia hidup di bumi dan memiliki kewajiban merawat bumi. Tetapi, kini bumi perlahan mulai menunjukkan beberapa kerusakan yang menimbulkan bencana alam. Selain itu, ekosistem juga mulai tidak seimbang. Beberapa komponen ekosistem seperti tumbuhan dan hewan bahkan terancam punah karena hilangnya habitat akibat perilaku manusia.

Supaya tidak semakin parah, manusia wajib untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Beberapa caranya adalah :
1. Membuang sampah pada tempat yang benar (bukan di sungai atau saluran air). Hal ini dilakukan untuk mencegah saluran air yang tersumbat atau sungai yang meluap. Selain itu, upaya ini juga mencegah kematian beberapa organisme di sungai seperti ikan, plankton, dan organisme lain yang mendukung rantai makanan di sungai.

2. Melakukan tebang pilih tanam. Manusia membutuhkan sumber daya alam seperti kayu di hutan. Manusia boleh memanfaatkannya, dengan catatan tidak menggunduli hutan habis-habisan. Jika hutan gundul, maka akan banyak terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor, serta pemanasan global. Solusinya adalah memilih kayu-kayu yang sudah tua untuk ditebang, kemudian menanam kembali bibit-bibit pohon agar masih ada regenerasi. Upaya ini juga bermanfaat untuk tetap menjaga keanekaragaman hewan seperti monyet, harimau, aneka jenis burung, dan ular yang sangat berperan dalam rantai makanan di hutan.

3. Melakukan reboisasi. Apabila hutan telah telanjur digundul, maka cara yang tepat adalah melakukan reboisasi. Reboisasi adalah penghijauan kembali wilayah yang sudah tandus. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki struktur dan fungsi tanah sebagai penyerap dan penyimpan air hujan. Selain itu, upaya ini bermanfaat bagi hewan yang kehilangan habitatnya, sehingga dapat kembali ke habitat asalnya.

Tinggalkan komentar