Komponen darah berbentuk cairan,yang berfungsi mengangkut sel sel darah ,lalu diedarkan ke seluruh tubuh, adalah?

Komponen darah berbentuk cairan,yang berfungsi mengangkut sel sel darah ,lalu diedarkan ke seluruh tubuh, adalah?

Jawaban:

Plasma darah.

Pembahasan:

Darah memiliki dua komponen utama yaitu sel-sel darah dan plasma darah.
Komponen penyusun darah yang paling banyak adalah plasma darah yaitu sebesar 55% bagian darah. Plasma darah adalah cairan berwarna kekuningan yang bertugas membawa sel darah dan berbagai nutrisi penting yang menunjang kesehatan tubuh lalu diedarkan ke seluruh tubuh.

Sel darah dibagi menjadi 3 komponen penyusun yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah. Fungsi masing-masing sel darah adalah:

1. Sel darah merah atau eritrosit memiliki fungsi membawa hemoglobin yang kaya oksigen dari paru-paru menuju jaringan lain. Selain itu, sel darah merah yang telah mengangkut oksigen, harus mengangkut hemoglobin yang telah terikat karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk melanjutkan siklus pernapasan manusia.

2. Sel darah putih atau leukosit memiliki fungsi dalam menjaga kekebalan dan pertahanan tubuh. Leukosit juga bertugas dalam menetralkan bakteri dan kuman yang masuk melalui aliran darah atau dari luka yang terbuka.

3. Keping darah atau trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak memiliki inti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah. Trombosit berperan untuk menggumpalkan darah. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi darah yang keluar pada saat terjadi luka.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …