Bagaimana perinsip kerja termometer?

Bagaimana perinsip kerja termometer?

Jawaban:

1. Prinsip Kerja Termometer Air Raksa
Ketika Anda mendekatkan termometer jenis ini ke suhu yang ada di luar lingkungan, cairan raksa dalam termometer ini akan mulai memasuki proses pemuaian. Proses pemuaian itu menyebabkan volume air raksa terus bertambah. Semakin bertambahnya suhu, semakin bertambah pula volume air raksanya. Untuk dapat melihat suhu yang tepat, kamu bisa mengamati indikator tempat air raksa tersebut berhenti bergerak.

2. Prinsip Kerja Termometer Digital
Jenis lain dari termometer adalah termometer digital yang sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena komponen pengukur suhu dalam alat ini sangatlah akurat. Selain keakuratannya dalam mengukur suhu, termometer digital juga dapat dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Termometer digital mampu mendeteksi suhu tertentu dengan menggunakan sensor. Saat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda, tegangan kaki pada output sensor termometer akan berubah. Perubahan tersebut kemudian dikonversikan menjadi angka yang selanjutnya menunjukkan nilai dari suhu yang diukur.

3. Prinsip Kerja Termometer Alkohol
Alat ini adalah alat alternatif yang sering digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Kegunaan kedua alat tersebut sama, meskipun bahan yang digunakan berbeda. Isi dari termometer ini tidak beracun dan mampu menguap dalam waktu yang cukup singkat. Ruang yang ada di bagian atas berisi campuran dari uap cairan dan nitrogen. Ketika suhu meningkat, volume campuran itupun akan meningkat juga. Cairan yang digunakan bisa berupa asetat isoamyl atau etanol murni. Termometer alkohol dapat digunakan untuk mengetahui suhu badan manusia maupun hewan. Suhu maksimal yang dapat diukur oleh termometer ini hanya sebatas 78 derajat celcius saja.

4. Prinsip Kerja Termometer Ruangan
Cara kerja termometer jenis ini kurang lebih sama saja dengan berbagai jenis termometer yang disebutkan sebelumnya. Yang membedakan termometer ruangan dengan termometer lain yang serupa adalah skala pengukuran suhunya saja. Skala pengukuran suhu pada termometer ruangan berkisar antara minus 50 derajat celcius sampai 50 derajat celcius. Biasanya, termometer ruangan dipasang di tembok agar lebih mudah menghitung suhu.

Tinggalkan komentar