Mengapa munculnya permukiman di bawah jembatan diklasifikasikan dalam perubahan yang tidak direncanakan?

Mengapa munculnya permukiman di bawah jembatan diklasifikasikan dalam perubahan yang tidak direncanakan?

Jawaban :

Munculnya permukiman di bawah jembatan diklasifikasikan dalam perubahan yang tidak direncanakan karena adanya kepadatan penduduk yang tidak bisa menampung jumlah penduduk dalam suatu wilayah.

Penjelasan :

Perubahan sosial terjadi karena manusia/masyarakat merupakan makhluk sosial yang tidak puas dengan keadaan yang ia alami. Maka itu, ia selalu mencari cara untuk memperbaiki sistem kehidupan yang ada. Seperti misalnya dampak dari urbanisasi, karena banyaknya masyarakat desa yang pindah ke kota dengan tujuan memperbaiki ekonomi, sehingga menyebabkan kepadatan penduduk di kota tujuan. Namun di kota tujuan tidak mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka mencari tempat seperti jembatan atau yang lainnya untuk dijadikan rumah dan lambat laun akan bertambah menjadi permukiman. Fenomena tersebut merupakan perubahan sosial yang tidak dikehendaki.

Maka bisa disimpulkan bahwa, munculnya permukiman di bawah jembatan diklasifikasikan dalam perubahan yang tidak direncanakan karena adanya kepadatan penduduk yang tidak bisa menampung jumlah penduduk dalam suatu wilayah.

Tinggalkan komentar