Jelaskan kondisi geografis negara thailand dan Kamboja!

Jelaskan kondisi geografis negara thailand dan Kamboja!

Jawaban :

Kondisi geografis Thailand adalah dataran rendah, perbukitan, dan pegunungan. Dataran rendah Thailand merupakan dataran subur yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya. Sementara Kamboja terdiri dari barisan pegunungan dengan ketinggian antara 700-900 meter dengan pegunungan Dong Rek, pegunungan Cardamon, Gunung Phnum Aoral, Plato Mondol, Plato Rotanikri, dataran besar Tonle Sap, dan sungai Mekong.

Penjelasan :

Thailand merupakan salah satu negara di wilayah Asia Tenggara yang terletak antara 6° – 21° LU dan 97° – 106° BT. Secara geografis, batasan negara Thailand adalah sebagai berikut.
1. Sebelah utara berbatasan dengan negara Myanmar dan Laos.
2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Malaysia dan Teluk Thailand.
3. Sebalah timur berbatasan dengan negara Kamboja dan Laos.
4. Sebelah barat berbatasan dengan negara Myanmar.

Kondisi geografis di negara Thailand adalah dataran rendah, perbukitan, dan pegunungan. Dataran rendah Thailand merupakan dataran subur yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya.

Kamboja merupakan salah satu negara di wilayah Asia Tenggara yang terletak antara 10° – 14° LU dan 104° – 108° BT. Secara geografis, batasan negara Thailand adalah sebagai berikut.
1. Sebelah utara berbatasan dengan negara Thailand dan Laos.
2. Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Thailand.
3. Sebalah timur berbatasan dengan negara Vietnam.
4. Sebelah barat berbatasan dengan negara Thailand.

Kondisi geografis di negara Kamboja adalah barisan pegunungan dengan ketinggian antara 700-900 meter dengan pegunungan Dong Rek, pegunungan Cardamon, Gunung Phnum Aoral, Plato Mondol, Plato Rotanikri, dataran besar Tonle Sap, dan sungai Mekong.

Dari penjelasan tersebut, maka kondisi geografis negara Thailand dan Kamboja seperti penjelasan di atas.

Tinggalkan komentar