Sumber daya alam sagu banyak ditemukan di pulau

Sumber daya alam sagu banyak ditemukan di pulau…

Jawaban :

Pulau Papua.

Penjelasan :

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bisa diambil atau dimanfaatkan dari alam karena memiliki nilai manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam mulai dari pertanian hingga barang tambang yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu contoh sumber daya alam yang ada di Indonesia adalah Sagu.
Sumber daya alam sagu di Indonesia memiliki potensi besar seperti luasan yang sangat besar, sumber karbohidrat yang tinggi, produktivitas yang tinggi, dan dapat dijadikan berbagai macam produk turunan. Tanaman sagu di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, karena lebih dari 85% total areal sagu dunia berada di Indonesia terutama di Papua dan Papua Barat. Papua dan Papua Barat merupakan daerah yang paling potensial, karena hanya perlu melakukan pemanenan dan penataan menjadi kebun sagu.
Di Indonesia, selain dikenal hidup dan berkembang di Papua, pohon sagu juga terdapat di Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Kepulauan Riau dan Kepulauan Mentawai. Namun, sebagian besar pohon sagu terdapat di Papua dengan luasan lahan 1,20 juta hektar (ha).

Jadi, sumber daya alam sagu banyak ditemukan di pulau Papua.

Tinggalkan komentar