Fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah

Fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah…

Jawaban :

Beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah seperti terjadinya siang dan malam, adanya perbedaan waktu di berbagai belahan bumi, dan gerak semu harian matahari.

Penjelasan :

Rotasi bumi merupakan peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur. Waktu yang dibutuhkan selama proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Ada beberapa dampak dari terjadinya rotasi bumi, sebagai berikut :
1. Terjadinya siang dan malam : hal ini dikarenakan ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari.
2. Gerak semua harian matahari : Hal ini disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi.
3. Perbedaan waktu : Terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi, dimana pusat waktu berada di Kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰.

Jadi, dapat disimpulkan ada beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah seperti terjadinya siang dan malam, adanya perbedaan waktu di berbagai belahan bumi, dan gerak semu harian matahari.

Tinggalkan komentar