Apa perbedaan Enteritis,Apendisitis,dan kontipasi?

Apa perbedaan Enteritis,Apendisitis,dan kontipasi?

Jawaban:

Enteritis adalah penyakit peradangan yang terjadi di saluran pencernaan. Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu atau apendiks. Konstipasi adalah kesulitan buang air besar (BAB).

Penyakit pada organ maupun saluran pencernaan itu beragam, tergantung penyebab dan letaknya. Beberapa penyakit yang terjadi pada organ dan saluran pencernaan antara lain :

1. Enteritis
Enteritis adalah penyakit peradangan yang terjadi di saluran pencernaan. Kebanyakan peradangan ini disebabkan oleh bakteri yang merugikan di saluran cerna. Bakteri ini biasanya dibawa dari makanan. Apabila tidak segera diobati, akan menimbulkan gejala seperti diare, penurunan nafsu makan, mual, dan muntah. Jika sudah parah, maka akan menyebabkan BAB berdarah.

2. Apendisitis
Apenditis sering juga disebut dengan peradangan usus buntu. Usus buntu merupakan organ yang berbentuk kantong, berukuran sekitar 5–10 cm, dan tersambung ke usus besar. Peradangan ini biasanya menyebabkan penderitanya mengalami nyeri di perut bagian kanan bawah. Apendisitis disebabkan oleh bakteri merugikan atau parasit seperti cacing yang hidup di rongga usus buntu. Jika tidak ditangani dengan cepat, usus buntu bisa pecah dan berakibat fatal.

3. Konstipasi
Konstipasi merupakan penyakit ketika penderitanya mengalami kesulitan dalam buang air besar (BAB). Kesulitan ini dapat berupa frekuensi BAB yang lebih sedikit dari biasanya. Hal ini sering disebabkan oleh kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi. Biasanya penyakit ini tidak berakibat fatal, tetapi dapat dicegah dengan makan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.

Tinggalkan komentar