Coba jelaskan tentang peristiwa proklamasi

Coba jelaskan tentang peristiwa proklamasi

Jawaban :

Proklamasi adalah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh orang yang berwenang untuk membuat pengumuman tertentu. Proklamasi di Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, yang dimana menjadi tanggal kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia di tandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta dan dibacakan oleh Ir. Soekarno.

Soal menanyakan tentang peristiwa proklamasi.

Penjelasan :

Peristiwa proklamasi terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, yang dimana menjadi tanggal kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diawali dengan peristiwa dijatuhkannya bom atom di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 oleh tentara Amerika. Hal ini menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu, sehingga kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pejuang kemerdekaan untuk memproklamasikan kemerdekan.

Dalam pelaksanaannya, ada perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. Golongan muda ingin proklamasi kemerdekaan segera dilakukan sedangkan golongan tua tidak ingin terburu-buru dalam proklamasi kemerdekaan karena takut akan terjadi pertumpahan darah.

Pada 16 Agustus 1945 terjadi peristiwa Rengasdengklok, dimana Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta diculik oleh para pemuda dan dibawa ke Rengasdengklok dengan tujuan agar Ir. Soekarno dan Moh Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang dan segera menyatakan kemerdekaan.

Pada 16 Agustus 1945 pukul 23.00 malam, Ir. Soekarno dan rombongannya tiba di Jakarta, sehingga perumusan teks proklamasi dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh Hatta dan Achmad Soebardjo di kediaman Laksamana Muda Maeda Tadashi. Rumusan teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Selanjutnya, bendera merah putih dijahit oleh istri Soekarno yaitu Fatmawati. Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno, didampingi oleh Moh Hatta dan disaksikan sejumlah orang.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penjelasan tentang peristiwa proklamasi sudah ada di atas ya.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.