Apa mukjizat nabi Idris A.S.?

Apa mukjizat nabi Idris A.S.?

Jawaban:

Mukjizatnya adalah manusia pertama yang pandai membaca dan menulis, manusia yang diberi kepandaian dan pengetahuan yang luas oleh Allah, dan manusia pertama yang membuat pakaian.

1.) Dalam surat Al-Alaq ayat 4-5 dijelaskan bahwa Nabi Idris as adalah manusia pertama yang mengajarakan cara menulis dan membaca kepada manusia-manusia lain.

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ -٤
عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ – ٥

Artinya: (4) Yang mengajar (manusia) dengan pena. (5) Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

2.) Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Idris as berupa kepandaian dan pengetahuan yang luas, selain kemampuan membaca dan menulis Allah juga memberikan pengetahuan berupa cara merawat kuda, ilmu falaq atau perbintangan hingga matematika atau ilmu berhitung. Karena mukjizat yang diberikan Allah tersebut Nabi Idris as dikenal dengan manusia yang cerdas, pandai, dan bijak.

3.) Ketika manusia sebelumnya terbiasa membuat dan memakai kulit binatang untuk dijadikan pakaian atau penutup aurat. Nabi Idris as diberikan Allah mukjizat berupa orang pertama yang membuat pakaian.

Jadi, mukjizat Nabi Idris as adalah manusia pertama yang pandai membaca dan menulis, manusia yang diberi kepandaian dan pengetahuan yang luas oleh Allah, dan manusia pertama yang membuat pakaian.

✅Baca Juga :  Surat Al-Ikhlas diturunkan di kota?

Leave a Reply

Your email address will not be published.