Berikan contoh pengamalan sila kedua Pancasila di rumah

Berikan contoh pengamalan sila kedua Pancasila di rumah

Jawaban :

Menghargai keberadaan dan pendapat dari setiap orang di rumah, saling menyayangi dan mengasihi antar sesama anggota keluarga, dan menghargai pendapat setiap anggota keluarga.

Pembahasan :

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Dalam pandangan Hans Nawiasky yang merupakan seorang ahli hukum berkebangsaan Jerman, Pancasila merupakan Staats fundamental norm atau norma fundamental sebuah negara. Pancasila sebagai norma dasar suatu negara yang fundamental memiliki arti bahwa Pancasila adalah norma hukum tertinggi dan merupakan kelompok pertama dalam struktur hierarki norma hukum.

Pancasila digunakan untuk pedoman sikap masyarakat Indonesia. Artinya, masyarakat Indonesia harus selalu menjiwai nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai tersebut sesuai dengan kelima bunyi Pancasila. Salah satu sila yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah Pancasila sila ke-2 berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”.

Berikut merupakan contoh pengamalan sila kedua Pancasila di rumah:
1. Menghargai keberadaan dan pendapat dari setiap orang di rumah.
2. Saling menyayangi dan mengasihi antar sesama anggota keluarga.
3. Menghargai pendapat setiap anggota keluarga.

Dengan demikian, contoh pengamalan sila kedua Pancasila di rumah adalah menghargai keberadaan dan pendapat dari setiap orang di rumah, saling menyayangi dan mengasihi antar sesama anggota keluarga, dan menghargai pendapat setiap anggota keluarga.

Tinggalkan komentar