Sebutkan 4 akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di sekolah

Sebutkan 4 akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di sekolah

Jawaban :

Terjadi perselisihan, saling mengejek dan menghina, saling mementingkan diri sendiri, dan tidak adanya sosialisasi antara guru dan teman.

Pembahasan :

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Sila ke-3 Pancasila berbunyi Persatuan Indonesia, sila ini mengandung makna yang berkaitan dengan persatuan bangsa. Sebagaimana bunyinya, Sila ke-3 merupakan landasan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selanjutnya, prinsip “Persatuan Indonesia” yang merupakan bunyi Sila ke-3 Pancasila bisa diterapkan dalam lingkungan terkecil salah satunya adalah di lingkungan sekolah. Dengan adanya persatuan dan kesatuan di sekolah maka akan tercipta lingkungan yang harmonis antara siswa dengan guru. Akan tetapi, jika di dalam suatu sekolah tidak ada persatuan dan kesatuan, maka akan mengakibatkan terjadinya beberapa hal sebagi berikut :
1. Terjadi perselisihan antar siswa atau antara siswa dengan guru
2. Saling mengejek dan menghina
3. Saling mementingkan diri sendiri
4. Tidak adanya sosialisasi antara guru dan teman

Jadi, akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di sekolah adalah sesuai dengan apa yang telah dipaparkan pada pembahasan di atas.

Tinggalkan komentar