Suku asmat nama bahasa daerah rumah adat tarian pakaian :

Suku asmat

– nama bahasa daerah :
– rumah adat :
– tarian :
– pakaian :

Jawaban :

Nama bahasa daerah: asmat Sawa, Asmat Bets Mbup, Asmat Safan (Asmat Pantai), Asmat Sirat, dan Asmat Unir Sirau.
Rumah adat: Rumah honay dan rumah Jeu
Tarian: Tari tobe
Pakaian: rumbai-rumbai yang terbuat dari daun sagu.

Penjelasan :

Suku Asmat berasal dari Provinsi Papua yang menjadi suku asli wilayah paling timur Indonesia ini. Suku Asmat memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan suku lain di nusantara. Populasi suku Asmat terbagi dua yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di bagian pedalaman. Ciri penduduk Asmat yakni memiliki fisik yang khas seperti berkulit hitam dan berambut keriting. Rata-rata tinggi badan suku Asmat untuk wanita sekitar 162 cm, sedangkan pria 172 cm.

Pada suku asmat, bahasa daerahnya yaitu asmat Sawa, Asmat Bets Mbup, Asmat Safan (Asmat Pantai), Asmat Sirat, dan Asmat Unir Sirau. Lalu rumah adatnya yaitu rumah honey dan rumah jew. Kemudian tarian dalam suku asmat adalah tari tobe, dan pakaian nya adalah rumbai-rumbai yang terbuat dari daun sagu. Suku Asmat dikenal dengan hasil ukiran kayunya yang unik. Mereka dikenal sebagai pengukir handal dan diakui secara internasional. Ukiran ala suku Asmat sangat banyak jenis dan ragamnya. Biasanya, ukiran yang mereka hasilkan menceritakan tentang sesuatu, seperti kisah para leluhur, kehidupan sehari-hari, dan rasa cinta mereka kepada alam.

Jadi, bahasa daerahnya yaitu asmat Sawa, Asmat Bets Mbup, Asmat Safan (Asmat Pantai), Asmat Sirat, dan Asmat Unir Sirau. Lalu rumah adatnya yaitu rumah honey dan rumah jew. Kemudian tarian dalam suku asmat adalah tari tobe, dan pakaian nya adalah rumbai-rumbai yang terbuat dari daun sagu.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.