Apa penyebab World War 2

Apa penyebab World War 2?

Jawaban :

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah, sebab umum terjadinya Perang Dunia II sebagian disebabkan oleh kecurigaan-kecurigaan antar negara dari kedua blok yang terbentuk. Sementara untuk sebab khusus terjadinya Perang Dunia II disebabkan oleh adanya serangan yang dilakukan Jerman ke Polandia pada tanggal 1 September 1939.

Penjelasan :

Perang Dunia II berlangsung ulai tahun 1939 hingga 1945. Sebab terjadinya Perang Dunia II ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu sebab umum dan sebab khusus.

Sebab umum terjadinya Perang Dunia II antara lain sebagai berikut:
1. Adanya semangat balas dendam (politik revanche idea) yang dikembangkan dan diteruskan oleh Jerman yang pada saat Perang Dunia ke-I adalah negara yang kalah perang.
2. Munculnya paham yang saling bertentangan Fasis (Jerman, Italia dan Jepang), dan Liberalis (Prancis, Inggris dan Amerika) – Komunis (Rusia).
3. Adanya politik mencari kawan, yang diakibatkan oleh semangat balas dendam pasca Perang Dunia I. Akibat dari politik mencari kawan ini, politik aliansi terpusat pada dua kekuatan besar, yaitu Blok Fasis dan Blok Liberalis-Komunis.
4. Munculnya kecurigaan-kecurigaan antar negara, hal ini dikarenakan blok-blok yang terbentuk.
5. Adanya invasi-invasi yang dilakukan Jepang, Italia dan Jerman ke wilayah-wilayah diluar negara mereka.
6. Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tidak efektif dalam mengehentikan agresi militer yang dilakukan oleh negara-negara dari Blok Fasis.

Sedangkan sebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah karena adanya serangan Jerman terhadap Polandia di kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia melawan invasi Jerman ini dibantu oleh Inggris dan Prancis dengan mengumumkan perang terhadap Jerman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.