Tuliskan nama nama planet beserta descripsinya

Tuliskan nama nama planet beserta descripsinya…

Jawaban :

Terdapat 8 planet dalam sistem tata surya kita, berikut daftar singkatnya

1. Mercurius adalah planet dalam yang terkecil dan termasuk paling dekat dengan Matahari, jarak rata-rata ke Matahari 58 juta km. Mercurius tidak mengandung atmosfer, suhu disekitar planet berkisar antara -200 C – +400 C
2. Venus, planet dengan jarak ke Matahari 106 juta km, permukaan Venus ditutupi awan tebal sehingga mencapai 48 km. Venus menjadi planet terpanas dan memiliki suhu rata-rata 460° C.
3. Bumi, satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Bumi terbuat dari batu dan merupakan satu-satunya planet yang airnya berbentuk cair. Bumi memilki satelit yaitu Bulan.
4. Mars, termasuk planet yang terdekat dengan Bumi. Mars mempunyai warna kemerahan dan kadang disebut ‘Planet Merah’.
5. Jupiter, merupakan planet terbesar di tata surya. Jupiter mempunyai diameter 130 ribu km. Struktur Jupiter hamper sama dengan Matahari, yang kebanyakan terdiri dari hidrogen serta campurannya adalah NH3, amoniak, helium, dan metan.
6. Saturnus, planet besar kedua setelah Jupiter. Saturnus memiliki 17 satelit, dan yang paling menonjol adalah Titan, Tethys, Rea, Dione. Selain itu, Saturnus mempunyai tiga cincin yang indah.
7. Uranus, planet ini berdiameter 49.700 km, dan pada planet ini ditemukan unsur helium, hidrogen, dan metan. Planet ini mempunyai lima satelit, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.
8. Neptunus, planet terjauh dengan Matahari, jarak dari Neptunus ke Matahari sekitar 4.495 juta km. Satelit yang dimiliki Neptunus ada dua, yaitu Triton yang berdiameter 4.000 km, dan Nereid dengan diameter 2.000 km.

Tinggalkan komentar