Masa pubertas terjadi hingga umur?

Masa pubertas terjadi hingga umur?

Jawaban:

Rata-rata, anak perempuan mulai pubertas pada usia 10-11 dan berakhir pada usia 15-17. Anak laki-laki umumnya mulai pubertas pada usia 11-12 dan berakhir pada usia 16-17.

Pembahasan:

Pubertas adalah proses perubahan fisik saat tubuh anak berubah menjadi tubuh dewasa (beranjak dewasa) yang mampu melakukan reproduksi seksual.

Pada masa pubertas, pertumbuhan fisik (tinggi dan berat badan) meningkat pada paruh pertama masa pubertas dan selesai saat tubuh orang dewasa telah berkembang.

Sebelum masa pubertas, organ seks luar yang dikenal sebagai ciri seksual primer merupakan ciri seks yang membedakan laki-laki dan perempuan. Pubertas mengarah pada perbedaan ciri seksual melalui pengembangan karakteristik seks sekunder, yang selanjutnya membedakan jenis kelamin.

Penanda utama pubertas bagi wanita adalah menarche, menstruasi pertama, yang terjadi rata-rata antara usia 12-13 tahun. Pada laki-laki, ejakulasi pertama rata-rata terjadi pada usia 13 tahun.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …