Jelaskan kelainan pada organ gerak otot manusia serta pencegahan atau penanganannya!

Jelaskan kelainan pada organ gerak otot manusia serta pencegahan atau penanganannya!

Jawaban:

a. Distrofi otot

Distrofi otot adalah kondisi di mana otot mengalami pelemahan. Penyebab dari penyakit ini adalah karena adanya kelainan genetik pada gen yang memiliki peran dalam pembentukan struktur dari otot. Upaya untuk mencegah penyakit ini belum ditemukan karena penyakit ini merupakan penyakit yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, begitu pula pada penangannya. Penanganan bagi penyakit distrofi otot ini hanya dapat meminimalisir gejala dari penyakit tersebut, seperti berolahraga, aktivitas aerobik yang rutin, dsb.

b. Artrofi otot

Artrofi otot adalah kondisi di mana massa otot berkurang, bahkan menghilang, Penyebab dari penyakit ini adalah karena otot tidak digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Selain itu, penyakit ini juga dapat disebabkan karena cedera otot atau penyakit penyebab kelumpuhan lainnya. Penyakit ini dapat dicegah dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk otot, serta mengonsumsi suplemen sedangkan untuk penangannya, penyakit ini dapat ditangani dengan terapi fisik, terapi dengan ultrasound, atau operasi.

c. Kram otot

Kram otot biasanya terjadi secara mendadak. Kram otot ini dapat didefinisikan sebagai suatu kontraksi otot yang tidak dikehendaki dan terjadi secara berkelanjutan dan cukup kuat. Kram otot ini dapat dicegah dengan melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas yang melibatkan otot, seperti olahrga. Selain itu, kram otot juga dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi cairan. Penangan yang harus dilakukan ketika terjadi kram otot adalah mengistirahatkan otot, melakukan peregangan atau gerakan ringan, kompres otot dengan air dingin, serta meningkatkan hidrasi.

d. Keseleo atau terkilir

Keseleo atau terkilir ini adalah kondisi cedera pada ligamen yang terjadi secara mendadak. Keseleo dapat dicegah dengan mengenakan sepatu atau alas kaki yang aman ketika melakukan aktivitas, berolahraga atau beraktivitas fisik secara rutin, serta malakukan pemanasan sebelum beraktivitas yang melibatkan otot. Penanganan untuk keseleo ini adalah dengan mengistirahatkan bagian yang keseleo, kompres dengan air dingin, mengenakan perban untuk mengatasi pembekakan, serta angkat bagian yang terasa sakit untuk meredakan pembengkakan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …