Bagaimana kondisi geografis negara anggota ASEAN?

Bagaimana kondisi geografis negara anggota ASEAN?

Jawaban :

Kondisi geografis negara anggota ASEAN berpa dataran rendah, dataran tinggi, delta, sungai, serta rawa.

Penjelasan :

Berdasarkan letak geografis, ASEAN terletak di antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, dan terletak diantara dua benua yaitu Asia dan Australia. Berikut adalah kondisi masing-masing anggota ASEAN:

1. Indonesia, kondisi geografisnya berupa relief yang beraneka ragam bentuknya dan dilalui oleh dua sirkum yaitu sirkum pasifik dan mediterania yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api. Selain itu Indonesia diapit oleh beberapa lempeng besar yang menyebabkan wilayahnya rawan gempa.

2. Malaysia, kondisi geografisnya terdiri atas dua kawasan utama yaitu Malaysia barat yang diliputi bentukan pegunungan. Dan Malaysia timur umumnya sempit dan berawa-rawa serta sungai-sungai yang pendek dan berkelok-kelok.

3. Singapura kondisi geografisnya relatif datar. Akan tetapi, dibeberapa tempat dijumpai perbukitan.

4. Brunei, kondisi geografisnya terdiri atas pada dua wilayah yang terpisah, yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah Brunei dikelilingi oleh wilayah Malaysia. Wilayah barat merupakan dataran rendah yang berawa-rawa. Pantai bagian utara Brunei merupakan daerah dataran yang relatif luas dan di wilayah ini terdapat Teluk Brunei.

5. Vietnam, Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah, yaitu Daerah pegunungan utara, Delta Sungai Merah, Barisan Pegunungan Annam, yang berhubungan dengan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, Garis pesisir pantai yang sempit antara Barisan Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, Delta Sungai Mekong di sebelah selatan Vietnam.

6. Kamboja, bentuk wilayahnya menyerupai piring. Di bagian tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap, sedangkan bagian tepi dibentuk oleh deretan pegunungan Negara ini dilalui oleh DAS Mekong. Sampai sekarang, Sungai Mekong merupakan sungai yang terpenting di Kamboja.

7. Laos, sebagian besar wilayah Laos adalah daerah pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.

8. Myanmar, terbentuk dari dua lipatan pegunungan di sebelah barat dan sebuah patahan blok di sebelah timur. Keduanya berjajar dari utara ke selatan. Jajaran sebelah barat mencakup deretan Pegunungan Letha, bukit Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang diliputi hutan-hutan lebat.

9. Thailand, memiliki Topografinya berupa pemukaan tanah yang dilewati aliran sungai di bagian tengah; dataran tinggi di timur laut; hutan dan pegunungan serta bukit-bukit di sebelah utara; dan wilayah selatan kebanyakan berupa bukit-bukit. Daerah yang menjadi pusat kegiatan berupa dataran rendah di daerah aliran Sungai Chao Phraya.

10. Filipina merupakan negara kepulauan. Yang termasuk pulau besar adalah Luzon dan Mindanao. Filipina banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif. Filipina dilalui oleh deretan Pegunungan Sirkum Pasifik.

Maka bisa disimpulkan bahwa, kondisi geografis negara anggota ASEAN berpa dataran rendah, dataran tinggi, delta, sungai, serta rawa.

Tinggalkan komentar