Bagaimana karakteristik benua amerika, afrika, eropa, australia, asia uraikan secara jelas dan lengkap

Bagaimana karakteristik benua amerika, afrika, eropa, australia, asia uraikan secara jelas dan lengkap…

Jawaban :

1. Karakteristik Benua Amerika
Ciri khas Benua Amerika: Benua Amerika merupakan benua yang berbentuk meridian (memanjang dari Utara – Selatan). Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi, yaitu air terjun Angel (1.000 m) di Venezuela. Benua Amerika memiliki lembah sungai terluas, yaitu Lembah Sungai Amazone (7.045.000 km²). Benua Amerika memiliki iklim yang beragam, berdasarkan letak setiap kawasan. Keempat iklim di Benua Amerika tersebut adalah sebagai berikut. 1. Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim ini memengaruhi daerah paling utara. 2. Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Iklim ini meliputi kawasan sebelah selatan kawasan paling utara. 3. Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun. Iklim tropis meliputi sebagian besar kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 4. Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah. Iklim ini meliputi kawasan-kawasan yang berada di balik pegunungan.

2. Karakteristik benua Afrika
Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil. Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya. Benua Afrika dapat dibedakan menjadi empat wilayah iklim, yaitu sebagai berikut:
Daerah iklim sedang (subtropis)Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan.
Daerah iklim tropis. Daerah iklim tropis adalah daerah di sekitar akuator. Daerah ini mengalami curah hujan yang teratur. Namun, curah hujan semakin berkurang untuk daerah yang semakin jauh dari ekuator. Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, serta bagian pantai di wilayah timur mengalami panas dan hujan sepanjang tahun.
Daerah iklim gurun. Daerah iklim gurun terdapat di wilayah afrika bagian utara (wilayah gurun) dansebagian barat daya benua. Daerah beriklim gurun dapat mengalami kering sepanjang tahun.
Daerah iklim mediterania. Daerah iklim mediterania terdapat di wilayah paling utara afrika sekitar laut tengah.

3. Karakteristik Benua Eropa
Kenampakan alamnya memberikan panorama yang indah. Secara garis besar bentang alamnya dibedakan menjadi dataran tinggi bagian barat laut, dataran rendah bagian tengah, dan dataran tinggi bagian tengah, dan daerah Pegunungan Alpen. Sungai ini bermata air di pegunungan Alpen, Swiss
Keadaan Iklim Benua Eropa adalah
Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yangmengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.
Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering.

4. Karakteristik benua Australia
Memiliki hewan endemik seperti kanguru. Punya kenampakan alam di bagian barat berupa dataran tinggi plato, bagian timur gurun pasir, dan bagian tengah dataran rendah. Iklim benua Australia bersifat tropis, subtropis, dan beberapa iklim lainnya seperti iklim muson, iklim gurun, iklim laut.

5. Kakteristik benya ASIA
Karakteristik benua asia yaitu sebagai benua paling luas di dunia, populasi terbanyak di dunia, memiliki posisi geografis yang paling tinggi, memiliki banyak gurun pasir dan tempat banyak agama lahir.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …