Menjelaskan rangkaian gunung di kawasan negara-negara ASEAN

Menjelaskan rangkaian gunung di kawasan negara-negara ASEAN…

Jawaban :

Rangkaian gunung di kawasan negara-negara ASEAN yaitu jalur pegunungan Mediterania dan Pasifik.

Penjelasan :

Kawasan Asia Tenggara dilalui dua jalur pegunungan besar, yaitu pegunungan Mediterania dan pegunungan Pasifik . Sirkum/pegunungan Mediterania adalah jalur pegunungan yang membentang dari Benua Eropa (Pegunungan Alpen) menuju ke Italia (Gunung Etna). Lalu, jalur ini menyambung masuk ke Benua Asia di Pegunungan Himalaya, dan masuk ke Indonesia melalui Sumatera. Ada beberapa negara di ASEAN yang dilalui sirkum Mediterania yaitu, Myanmar, Indonesia, dan Thailand. Beberapa pegunungan yang dilalui jalur sirkum mediterania diantaranya,Gunung Sinabung, Gunung Merapi, Gunung Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Kelud, Gunung Rinjani, Gunung Kelimutu, dan Gunung Tambora.

Sirkum Pasifik adalah jalur pegunungan yang membentang dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, menuju Pegunungan Rocky di Amerika Utara, lalu menuju ke Jepang. Kemudian negara-negara di Asia Tenggara yang dilalui sirkum Pasifik seperti Filipina, dan Indonesia yang melewati Sulawesi. Di Indonesia, Sirkum Pasifik bercabang menuju ke Pulau Halmahera hingga Papua. Jalur pegunungan yang dilalui sirum pasifik yaitu Gunung Lokon di Filipina, dan Gunung Pinatubo di Indonesia. Rangkaian gunung mediterania dan pasifik ini sering disebut dengan Ring Of Fire.

Maka bisa disimpulkan bahwa, rangkaian gunung di kawasan negara-negara ASEAN yaitu jalur pegunungan Mediterania dan Pasifik.

Tinggalkan komentar