Jelaskan mengapa sebagian besar negara anggota Asean berkembang menjadi negaea agraris, jelaskan dengan dasar letak Asean (astronomis, geografis, geologis)

Jelaskan mengapa sebagian besar negara anggota Asean berkembang menjadi negaea agraris, jelaskan dengan dasar letak Asean (astronomis, geografis, geologis)?

Jawaban :

1. Jika dilihat dari kondisi astronomis wilayah ASEAN menjadi pusat pertanian dikarenakan wilayah ASEAN berada pada iklim tropis dengan hal ini sangat mendukung dalam kondisi pertanian karena wilayah tropis memiliki curah hujan dan penyinaran matahri sepanjang tahun.
2. Secara geografis wilayah ASEAN terletak diantara dua benua dan dua samudera, dengan kondisi ini memberikan pengaruh pada besarnya penguapan dan curah hujan. Selain itu dengan kondisi geografis ini memudahkan penjualan-penjualan produk agraris.
3. Secara geologis wilayah ASEAN merupakan wilayah yang berada di daerah pertemuan lempeng dengan kondisi ini banyak membentuk gunung api. Karena banyaknya gunung api ini memberikan pengaruh pada kesuburan tanah yang akan mendukung dalam kegiatan pertanian.

Tinggalkan komentar