Meskipun sudah modern, tindakan apa saja yang dilarang dalam menangkap ikan?

Meskipun sudah modern, tindakan apa saja yang dilarang dalam menangkap ikan?

Jawaban:

Beberapa tindakan nelayan yang modern namun dilarang karena merusak lingkungan sebagai berikut.

Penangkapan ikan dengan bondet atau bom ikan ini sudah dilarang karena merusak ekosistem atau kehidupan di bawah laut, seperti terumbu karang.

Gill net adalah jaring besar berbentuk persegi panjang yang terbuat dari nilon ataupun multifilamen. Gill net memerangkap ikan dalam jumlah besar. Namun sama seperti pukat cincin, gill net tidaklah selektif. Tidak hanya ikan, seringkali penyu, anjing laut, hingga lumba-lumba juga turut terjerat oleh gill net.

Pukat harimau (trawl) atau yang biasa disebut dengan pukat udang adalah jaring berukuran besar dan berbentuk kerucut. Pukat harimau dijatuhkan ke dasar laut, kapal kemudian akan melaju, dan pukat harimau akan memerangkap semua yang dilewatinya. Pukat harimau menjaring ikan dalam jumlah besar, namun merusak ekosistem laut dalam prosesnya. Pukat harimau menghancurkan terumbu karang, membunuh ikan-ikan kecil, dan merusak ekosistem yang baru bisa pulih setelah ratusan tahun, sehingga penggunannyapun dilarang.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.