Tuliskan beberapa dampak kerusakan hutan!

Tuliskan beberapa dampak kerusakan hutan!

Jawaban:

Beberapa dampak kerusakan hutan yaitu pemanasan global, kekeringan, bencana alam seperti longsor dan banjir, serta kurangnya oksigen di bumi.

Pohon membutuhkan karbon dioksida dari atmosfer untuk proses fotosintesis. Jika pohon berkurang, karbon dioksida akan tetap berada di atmosfer yang merupakan lapisan gas yang melingkupi bumi. Karbon dioksida dapat memerangkap panas di atmosfer, sehingga suhu rata-rata permukaan bumi dapat meningkat. Peningkatan suhu pada permukaan bumi ini disebut pemanasan global.

Dari pemanasan global yang diakibatkan oleh penggundulan hutan, akan terjadi kekeringan di wilayah terdekat hutan. Kekeringan adalah salah satu bencana yang merugikan manusia. Karena manusia kekurangan air untuk melakukan aktivitas dan tumbuhan tidak dapat tumbuh.

Selain itu, penebangan liar dapat menyebabkan longsor dan banjir. Ini terjadi karena tidak ada lagi akar pohon yang menyerap dan menahan air di tanah. Terakhir, dampak bagi manusia dan makhluk hidup lain jika sudah tidak ada hutan adalah kurangnya oksigen di bumi.

Tinggalkan komentar