Wilayah indonesia merupakan tempat bertemunya tiga lempeng besar yaitu

Wilayah indonesia merupakan tempat bertemunya tiga lempeng besar yaitu…

Jawaban :

Secara geografis, Indonesia berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik dimana merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik.

Penjelasan :

Secara geografis, Indonesia berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik dimana merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik. Oleh sebab itu, Indonesia merupakan negara yang rawan dengan bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

Sekitar 90 persen dari gempa bumi yang terjadi dan 80 persen dari gempa bumi terbesar di dunia terjadi di sepanjang wilayah cincin api yang apabila bertemu dapat menghasilkan tumpukan energi. Di sekitar pertemuan tiga lempeng inilah terjadi akumulasi energi tabrakan hingga sampai tidak sanggup lagi menahan tumpukan energi dan akhirnya energi tersebut dilepas dalam bentuk gempa bumi.

Daerah gempa berikutnya (5-6 persen dari seluruh gempa dan 17 persen dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatera melalui Himalaya, Mediterania hingga ke Atlanitka.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Secara geografis, Indonesia berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik dimana merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …