Apa itu tumbuhan lengkap dan tidak lengkap? apa saja contohnya?

Apa itu tumbuhan lengkap dan tidak lengkap? apa saja contohnya?

Jawaban:

Tumbuhan lengkap dan tidak lengkap dapat dilihat dari kelengkapan pada organ yang dimilikinya. Hal tersebut dapat dilihat dari kelengkapan pada daun dan bunganya. Berdasarkan hal tersebut, maka tumbuhan dibedakan menjadi beberapa macam. Berikut penjelasan dan contoh selengkapnya.

1. Tumbuhan berdaun lengkap

Tumbuhan berdaun lengkap adalah tumbuhan yang memiliki helaian daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Contohnya adalah pisang, pinang, bambu, talas, dan tebu.

2. Tumbuhan berdaun tidak lengkap

Tumbuhan yang memiliki kekurangan pada daunnya. Misalnya, tumbuhan yang tidak memiliki pelepah daun (hanya helaian dan tangkai daun saja). Contohnya adalah mangga, rambutan, jambu, dan nangka.

3. Tumbuhan berbunga lengkap

Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Bunga lengkap pasti memiliki dua macam alat kelamin atau disebut dengan bunga berkelamin ganda (biseksual, hermafrodit). Akan tetapi, bunga berkelamin ganda belum tentu bunga lengkap. Contoh bunga lengkap adalah bunga sepatu, mawar, dan melati.

4. Tumbuhan berbunga tidak lengkap

Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak mempunyai salah satu atau beberapa bagian bunga, baik perhiasan maupun alat kelamin bunga. Bunga tidak lengkap dibedakan menjadi dua macam, yaitu perhiasan bunga tidak lengkap dan alat kelamin tidak lengkap. Contoh bunga pare, waluh, dan mentimun.

 

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.