Pendekatan geografi yang sesuai untuk mempelajari fenomena tersebut adalah pendekatan

Pada saat musim hujan, permukiman yang terletak di sepanjang bantaran Ciliwung, Kota Bogor, Jawa Barat, sering mengalami banjir. Ketika banjir terjadi, banyak warga meninggalkan rumahnya untuk mengungsi. Oleh karena itu, masyarakat sekitar membuat tanggul penahan banjir untuk mengurangi risiko banjir. Pendekatan geografi yang sesuai untuk mempelajari fenomena tersebut adalah pendekatan ….
a. keruangan
b. kewilayahan
c. kelingkungan
d. kompleks wilayah
e. ekologi

Jawaban :

C. kelingkungan

Penjelasan :

Pendekatan geografi adalah suatu teknik dan metode yang digunakan untuk memahami gejala geosfer yang terjadi di suatu wilayah pada permukaan bumi. Berdasarkan tekniknya, terdapat tiga jenis pendekatan geografi dan salah satunya adalah pendekatan kelingkungan atau ekologi, adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk memahami suatu gejala gesofer terhadap keterkaitan antara manusia dan lingkungannya. Hubungan manusia dengan lingkungan dapat memicu faktor manusia sebagai pendorong atau penghambat dari suatu gejala geosfer yang terjadi.

Salah satu gejala yang tepat dikaji dengan pendekatan kelingkungan adalah peristiwa banjir yang terjadi di sepanjang Kali Ciliwung saat intesitas curah hujan Kota Bogor sangat tinggi. Sebagai bentuk mitigasi, penduduk sekitar membuat tanggul panahan untuk mengurangi risiko dari bencana banjir.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat pada soal ini adalah C.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.