Jelaskan yang kalian ketahui tentang pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang terhadap keberlangsungan kehidupan sosial di negara Asean!

Jelaskan yang kalian ketahui tentang pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang terhadap keberlangsungan kehidupan sosial di negara Asean!

Jawaban :

Indonesia merupakan negara yang tergabung dalam kelompok ASEAN. Negara – negara anggota ASEAN sendiri memiliki kecendrungan kondisi yang mirip serta homogen. Berada dalam satu kondisi dan lingkungan inilah yang menjadikan lahirnya interaksi yang dinamis antar negara-negara ASEAN.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang yaitu :
1. Faktor Iklim, ASEAN berada didaerah yang kawasannya memiliki iklim yang sulit untuk diramalkan. Hal ini terjadi karena adanya pemanasan global, yang sedikit banyak memicu munculnya bencana alam. sehingga negara-negara ASEAN saling membantu dalam mengatasinya

2. Faktor Geologi, Kawasan Asia tenggara masuk kedalam kawasan yang sangat rawan dengan bencana karena terletak pada tumbukan lempengan di sirkum pasifik dan sirkum mediterania, ada banyak jajaran gunung api yang masih aktif

3. Faktor ketersediaan sumber daya alam yang beaneka ragam antar negara di kawasan Asia tenggara. Seperti potensi hutan dan laut.

Dari beberapa faktor ini, maka memicu timbulnya perubahan ruang dan interaksi antar ruang. Beberapa pengaruh interaksi ini antara lain :

1. Ekonomi : Kondisi perokonomian yang tidak merata di Kawasan Asia tenggara, memicu mobilitas penduduk antar negara ke negara lain. Negara yang maju dengan pendapatan tinggi cenderung akan menjadi tujuan dari mobilitas ini. Sedangkan bagi negara-negara di Kawasan Asia tenggara, pemiliki modal, maka akan memolisasi dananya ke daerah yang punya potensi alam besar namun minim Sumber daya manusia

2. Sosial Budaya : adanya pengaruh globalisme yang saling memberikan pengaruh antar sosial budaya masing-masing negara. Setiap negara berusaha untuk menyebarkan pengaruh sosial budayanya, sehingga timbul pluralisme di tengah masyarakat, baik pluralisme dalam beragam, sosial atau budaya.

3. Politik : Interaksi ruang dan perubahan ruang dapat memicu timbulnya konflik sosoal dan integrasi sosial. Bahkan memicu terjadinya perang dingin antara negara tetangga.

4. Pendidikan : perubahan ruang mendorong negara-negara berkembangng dalam satu Kawasan Asia tenggara, untuk meningkatkan taraf pendidikannya dengan sedikit banyak mengadopsi dari negara tetangga.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.