Sebutkan urutan siklus air!

Sebutkan urutan siklus air!

Jawaban:

Tahapan siklus air adalah sebagai berikut,
1. Evaporasi dan transpirasi. Air pada laut, danau, sungai atau perairan lainnya terkena sinar matahari dan menguap (evaporasi) dalam bentuk uap air. Air pada tumbuhan juga dapat menguap melalui permukaan daun, peristiwa ini dinamakan transpirasi.
2. Kondensasi. Uap air yang ada di atmosfer akan melepaskan sebagian panasnya dan mengalami kondensasi menjadi awan/embun.
3. Presipitasi. Awan yang telah mengandung banyak molekul air lama kelamaan akan jenuh (tinggi konsentrasi airnya) dan mengeluarkan kandungan airnya dalam bentuk hujan, salju, ataupun hujan es tergantung lingkungan tempatnya turun.
4. Infiltrasi. Air yang turun sebagai hujan, salju, dan lainnya akan terserap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah. Air yang masuk ke dalam tanah dapat diserap oleh tumbuhan maupun menuju ke perairan lagi.
5. Run off. Run off adalah peristiwa ketika air yang turun dari langit tidak lagi dapat diserap oleh tanah, sehingga langsung menuju ke perairan seperti danau maupun sungai.
Siklus akan dimulai dari awal lagi dan begitulah seterusnya.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.