Ekolokasi adalah?

Ekolokasi adalah?

Jawaban:

Ekolokasi adalah kemampuan makhluk hidup (terutama hewan) dalam menentukan jarak atau letak benda sekitarnya berdasarkan pantulan bunyi (gelombang suara) yang ia hasilkan.
Beberapa contoh hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi :
1. Kelelawar
Hewan ini menggunakan ekolokasi untuk navigasi disaat malam hari yang gelap untuk mencari mangsanya (serangga/buah-buahan), kelelawar mengeluarkan gelombang suara menggunakan mulut atau hidungnya.
2. Lumba-lumba dan Paus
Kedua hewan ini menggunakan ekolokasi untuk menentukan arah saat berenang, mengetahui kedalaman laut, menghindari rintangan dan menemukan letak mangsa buruannya. Menurut hasil penelitian para ilmuwan, paus dan lumba-lumba tidak memiliki pita suara, namun menghasilkan gelombang sonar dan gelombang ultrasonik dengan cara membuat getaran suara dengan menggerakkan udara yang ada di tubuh mereka.
3. Celurut/tikus kesturi
Hewan ini merupakan pemakan serangga, bertubuh kecil mirip mencit atau tikus. Hewan ini dapat mengembangkan kemampuan ekolokasi karena penglihatan mereka sangat buruk, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak celurut dilahirkan buta.
4. Burung Merpati
Kemampuan ekolokasi burung merpati adalah menggunakan gelombang suara berfrekuensi rendah untuk menampilkan jalur pada peta yang kemudian ia rekam dalam memori di otaknya, sekaligus dapat mendeteksi medan magnetik bumi melalui saraf di hidungnya. Itulah sebabnya merpati dapat selalu pulang ke sarangnya tanpa hambatan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.