Dampak dari tidak terjaganya keanekaragaman makhluk hidup adalah?

Dampak dari tidak terjaganya keanekaragaman makhluk hidup adalah?

Jawaban:

Lingkungan yang tidak dijaga dengan baik juga akan menyebabkan banyak tumbuhan yang akan mengalami kepunahan.

Pembahasan:

Dampak lain jika kita tidak menjaga keanekaragaman makhluk hidup adalah diantaranya adalah:
– Kehilangan Sumber Makanan
Manusia makan dengan cara mengonsumsi makhluk hidup lain, entah hewan maupun tumbuhan. Jika hewan dan tumbuhan punah karena kerusakan lingkungan, maka manusia akan mengalami kelaparan massal. Sehingga kepunahan hewan dan tumbuhan akan menggiring pada kepunahan manusia.

– Berkurangnya Persediaan Air Bersih
Tanpa adanya vegetasi berupa pohon dan tanaman, tanah tidak bisa menyaring air bersih. Hal ini mengakibatkan berbagai polutan masuk ke dalam batuan akuifer dan merusak persediaan air bersih di dalamnya. Jika terus dibiarkan, air bersih akan terus berkurang sehingga menyebabkan krisis.

– Berkurangnya Persediaan Oksigen
70 persen oksigen dihasilkan oleh tumbuhan laut berupa fito plankton dan alga, 28 persen dihasilkan oleh hutan hujan, dan 2 persen sisanya dihasilkan oleh sumber lain. Jika tidak menjaga keanekaragaman makhluk hidup maka supply oksigen akan berkurang. Oleh karena itu kita harus melestarikan makhluk hidup di sekitar kita karena kita tidak dapat hidup tanpa tumbuhan maupun hewan, manusia sangat bergantung pada keberadaan keanekaragaman makhluk hidup.

Tinggalkan komentar