Jelaskan perbedaan karakteristik bentang alam yang berupa pegunungan di Malaysia barat dan Malaysia timur

Jelaskan perbedaan karakteristik bentang alam yang berupa pegunungan di Malaysia barat dan Malaysia timur?

Jawaban :

Perbedaan karakteristik pegunungan di Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur yaitu pegunungan di Malaysia bagian barat memiliki pegunungan yang lebih landai dan rendah dibandingkan dengan pegunungan di Malaysia bagian timur.

Penjelasan :

Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan, yaitu Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur. Malaysia bagian barat memiliki kenampakan alam berupa pegunungan yang landai dan rendah dengan batuan granit dan batuan gamping di tengah Semenanjung Malaka. Daerah bagian barat pegunungan merupakan daerah pertanian utama, pusat pertambangan, dan memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Sedangkan, daerah bagian timur pegunungan kurang cocok digunakan untuk kegiatan pertanian karena sebagian besar tertutup oleh hutan lebat.

Malaysia bagian timur memiliki kenampakan alam berupa pegunungan yang tinggi dan tertutup hutan lebat. Hal ini menyebabkan wilayah Malaysia bagian timur kurang cocok digunakan untuk kegiatan pertanian. Malaysia bagian timur memiliki pegunungan dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Kinabalu dengan ketinggian 4.101 mdpl. Selain itu, Malaysia bagian timur juga didominasi oleh dataran rendah yang terbentang di sepanjang pantai, berawa-rawa, dan ditumbuhi hutan bakau.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan karakteristik pegunungan di Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur yaitu pegunungan di Malaysia bagian barat memiliki pegunungan yang lebih landai dan rendah dibandingkan dengan pegunungan di Malaysia bagian timur.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.