Secara geografis, negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki karakteristik berbeda. Berilah tanda centang pada 3 ciri geografis negara Indonesia!

Secara geografis, negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki karakteristik berbeda. Berilah tanda centang pada 3 ciri geografis negara Indonesia!
1. Terletak di antara dua samudra
2. Memiliki daerah yang berupa gurun yang sangat luas
3. Tidak memiliki wilayah daratan
4. Terdapat banyak gunung berapi yang masih aktif
5. Memiliki wilayah perairan yang lebih luas dibanding wilayah daratan

Jawaban :

1, 4, dan 5.

Penjelasan :

Karakteristik wilayah Indonesia dapat dilihat secara astronomis, geografis dan geologis.
1. Letak astronomis Indonesia berada di garis lintang 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur). Sehingga, letak ini berpengaruh pada iklim dan waktu wilayah Indonesia yaitu beriklim tropis dengan zona waktu berdasarkan Greenwich Mean Time (GMT).
2. Secara geografis, Indonesia diapit oleh Benua Asia dan Benua Australia. Selain itu, Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Wilayah Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas dibanding daratan dan terdiri dari 17 ribuan pulau.
3. Secara geologis, wilayah Indonesia berada dipertemuan tiga lempeng besar, yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik sehingga wilayah Indonesia disebut dengan ring of fire. Dampaknya banyak terbentuknya pegunungan aktif di wilayah Indonesia.

Ketiga letak tersebut memberi dampak positif pada Indonesia, yakni:
1. Menjadi negara maritim
2. Kaya akan sumber daya alam
3. Negara yang agraris dan subur
4. Memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam
5. Pariwisata alam yang indah
6. Banyak budaya dan tradisi

Maka, bisa disimpulkan bahwa 3 ciri geografis negara Indonesia adalah 1, 4, dan 5.

Tinggalkan komentar