Bagaimana cara Kangguru berkembang biak?

Bagaimana cara Kangguru berkembang biak?

Jawaban:

Kanguru berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar.

Pembahasan:

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembangbiak untuk melestarikan keturunannya. Perkembangbiakan pada hewan dapat dilakukan secara kawin (generatif) atau tidak kawin (vegetatif). Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Perkembangbiakan secara kawin pada hewan dibedakan menjadi 3 cara, yaitu ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).

Kanguru merupakan hewan dari kelas mamalia dan subkelas marsupilia. Salah satu ciri mamalia adalah berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Pada hewan vivipar, sel telur dibuahi oleh sperma di dalam tubuh induknya. Pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di dalam tubuh induknya. Embrio akan berada di dalam tubuh induknya sampai waktunya dilahirkan.

Akan tetapi, bayi kanguru yang dilahirkan berukuran sangat kecil, belum bisa mendengar dan melihat sehingga sangat rentan apabila dilepas di alam liar. Oleh karena itu, bayi kanguru akan masuk ke kantong di bagian perut induknya untuk menyusu. Kantong induk kanguru ini dapat membesar akibat pertumbuhan anaknya, sebagaimana ibu hamil.

Tinggalkan komentar