Bentuk paruh yang berbeda beda pada burung disebab kan perbedaan?

Bentuk paruh yang berbeda beda pada burung disebab kan perbedaan?

Jawaban:

Bentuk paruh pada tiap jenis burung berbeda dikarenakan adanya perbedaan jenis makanan. Pembahasan mengenai beberapa contoh bentuk paruh burung dan jenis makanannya dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

1. Burung pemakan daging memiliki paruh yang berbentuk bengkok, tajam, kokoh, runcing, dan melengkung. Bentuk paruh ini berfungsi untuk merobek dan mengoyak mangsanya. Paruh seperti ini dimiliki oleh burung hantu, dan burung elang.

2. Burung pemakan serangga dan nektar memiliki bentuk paruh yang runcing, kecil dan agak panjang. Paruh seperti ini dapat digunakan untuk menangkap serangga di dalam lubang tanah atau lubang pohon. Contohnya burung pelatuk, burung gereja, burung kolibri,

3. Burung pemakan buah memiliki paruh yang melengkung, yang berfungsi untuk merobek daging buah dan menghancurkan kacang-kacangan. Contohnya burung kakak tua.

4. Burung pemakan biji-bijian yang memiliki bentuk paruh kecil dan pendek. Contohnya burung pipit

5. Burung pemakan ikan memiliki bentuk paruh agak panjang, lurus dan runcing. Ada juga burung pemakan ikan yang memiliki parung bergerigi untuk membantu menahan ikan tangkapannya. Ada juga yang memiliki paruh yang besar dan berkantung untuk menangkapnikan sekaligus dan mengeluarkan air sebelum menelan makanannya.

Baca Juga :  Apa kah manusia bisa hibernasi?