Sebutkan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keadaan penduduk dan kekayaan alam!

Sebutkan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keadaan penduduk dan kekayaan alam!

Jawaban :

Kondisi sosial budaya dan ekonomis serta kekayaan alam yang berlimpah.

Penjelasan :

Letak negara Indonesia secara geografis adalah berada diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta berada diantara dua samudera yaitu Benua Hindia dan Benua Pasifik. Karena letak tersebut berpengaruh terhadap keadaan penduduk dan kekayaan alam yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah
1) Keadaan penduduk, keadaan sosial budaya penduduk, dengan letak Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudera menyebabkan Indonesia mengalami banyak perbedaan dalam ras, suku bangsa dan bahasa yang disebabkan karena adanya pengaruh dari budaya benua tersebut. Serta Indonesia mudah dalam melakukan ekspor – impor karena akses keluar ataupun kedalam negri sangat mudah.
2) Kekayaan alam Indonesia yang berlimpah terjadi karena indonesia memiliki 2 musim yang terjadi karena adanya angin muson, hal tersebut menyebabkan keuntungan bagi pertanian yang ada di Indonesia. Kemudian adanya fenomena Arlindo dimana berdampak pada tangkapan ikan di laut Indonesia.

Kesimpulannya, pengaruh letak geografis indonesia adalah kondisi sosial budaya dan ekonomis serta kekayaan alam yang berlimpah.

Tinggalkan komentar