Faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi fisik wilayah Indonesia

Faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi fisik wilayah Indonesia…

Jawaban :

Keadaan fisik wilayah Indonesia dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi (kondisi fisiografis) dan iklim. Keadaan fisik wilayah mempengaruhi corak atau karakteristik kehidupan makhluk hidup yang tinggal di atasnya.

Penjelasan :

Keadaan fisik wilayah Indonesia dapat dikenali dari beberapa hal berikut :

1. Kondisi geologi Indonesia

Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Lempeng Pasifik.
Lempeng Indo-Australia bertumbukan dengan Lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Lempeng Pasifik bertumbukan dengan Lempeng Eurasia di utara Papua dan Maluku Utara.

Tumbukan lempeng mengakibatkan rangkaian pegunungan termasuk gunung berapi dan gempa bumi bahkan tsunami.

2. Bentuk muka bumi

Luas wilayah Indonesia mencapai 5.180.053 km2, terdiri dari daratan seluas 1.922.570 km2 dan lautan seluas 3.257.483 km2. Jumlah pulau di Indonesia mencapai 16.056 pada 2018.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Sehingga Indonesia menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada. Bentuk muka bumi Indonesia dibedakan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, dan pegunungan.

3. Kondisi iklim Indonesia

Indonesia berada di wilayah iklim tropis. Ciri iklim tropis adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun yaitu sekitar 27 derajat Celcius.

Di daerah iklim tropis, tidak ada perbedaan yang jauh antara musim hujan dan musim kemarau. Perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan relatif kecil di Indonesia.

Kondisi ini berbeda dengan daerah lintang sedang yang perbedaan suhu bisa sangat ekstrim antara musim panas dan musim dingin. Suhu musim dingin mencapai -20 derajat Celcius dan suhu musim panas mencapai 40 derajat Celcius.

Baca Juga :  Alasan Asia Tenggara tidak terdapat gurun pasir adalah

Secara umum, keadaan iklim di Indonesia dipengaruhi tiga jenis iklim, yaitu iklim muson, iklim laut, dan iklim tropis.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Keadaan fisik wilayah Indonesia dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi (kondisi fisiografis) dan iklim.