Apakah benar bintang UY scuti lebih besar dari Arcturus?

Apakah benar bintang UY scuti lebih besar dari Arcturus?

Jawaban:

Matahari adalah salah satu bintang yang ada di alam semesta. Selain matahari di alam semesta terdapat miliaran bintang. Beberapa diantaranya adalah UY Scuti dan Arcturus.

Bintang UY Scuti merupakan salah satu bintang merah yang berada di galaksi Bima Sakti, tepatnya di konstelasi Scutum. UY Scuti adalah bintang yang masuk ke dalam kategori Super Giant Star, karena ukurannya yang sangat besar. Bintang UY Scuti ini memiliki radius sekitar 1,1883 miliar km. Ukuran bintang ini adalah sekitar 1700 kali ukuran matahari, karena radius rata-rata matahari hanya berukuran 696.340 km.

Sementara itu arcturus adalah bintang tua di piringan Bima Sakti, dan tampak bergerak bersama dalam sebuah kelompok 52 bintang sejenis. Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam, dengan magnitudo tampak −0.05, setelah Sirius dan Canopus. Arcturus memiliki radius rata-rata sebesar 17,671 juta km, ukuran bintang ini hampir 26 kali dari ukuran matahari.

Tinggalkan komentar