Negara apa yang termiskin di dunia?

Negara apa yang termiskin di dunia?

Jawaban :

Negara Burundi.

Penjelasan :

Tolak ukur negara dikatakan negara miskin adalah dari tingkat produk domestik bruto (GDP) per kapita, tingkat biaya hidup, inflasi, daya beli individu tiap-tiap negara di dunia. Faktor yang menyebabkannya bisa berasal dari pemerintah diktator dan korup, sejarah negara tersebut, penegakkan hukum yang lemah, perang dan kerusuhan sosial, bahkan kondisi iklim yang parah.

Berdasarkan data Dana Moneter Internasional (IMF), Database Outlook Ekonomi Dunia April 2021 terdapat 10 negara termiskin di dunia di mana peringkat pertama masih diduduki negara yang sama seperti tahun 2020 yaitu negara Burundi.

Negara Burundi memiliki tingkat GDP-PPP sebesar 760 dollar AS dan menjadi negara termiskin di dunia. Sekitar 90 persen dari hampir 12 juta warganya bergantung pada pertanian subsistem dan sebagian besar dari mereka hidup dengan 1,25 dollar AS per hari atau kurang. Perhatian utama negara miskin ini adalah kelangkaan pangan dimana tingkat kerawanan pangan hampir dua kali lebih tinggi dari rata-rata untuk negara-negara Afrika sub-Sahara. Selain itu, akses terhadap air dan sanitasi masih sangat rendah, dan kurang dari 5 persen penduduk yang memiliki listrik. Semua masalah tersebut diperburuk oleh adanya pandemi.

Baca Juga :  Apa nama sungai terpanjang di indonesia