Mengapa buah semangka mempunyai khasiat sehat bagi tubuh?

Memahami Isi Teks LHO
Semangka Buah yang Menyehatkan Jantung
Buah semangka adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Buah yang banyak airnya ini mempunyai khasiat sehat.
Buah lezat yang biasanya dijadikan hidangan penutup ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang membuat buah berwarna merah. Antioksidan ini bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari, selain itu juga sebagai antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.
Buah semangka mempunyai kandungan air sebanyak 92 persen sehingga dapat membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.
Semangka juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuat kulit bebas kerut. Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh atau badan dari kerusakan oleh radikal bebas serta dapat membantu penyerapan zat besi.
Semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Kandungan yang kurang dalam buah ini adalah potasium dan serat.

Mengapa buah semangka mempunyai khasiat sehat bagi tubuh?

Jawaban :

Buah semangka mempunyai khasiat sehat bagi tubuh karena mengandung antioksidan, mengandung banyak air, memiliki kalori rendah, mengandung vitamin C dan A.

Penjelasan :

Teks laporan hasil observasi atau sering disingkat menjadi teks LHO adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah.

Penggalan teks di atas menjelaskan tentang semangka yang mengandung antioksidan, kandungan air yang banyak, kalori yang rendah, vitamin C dan vitamin A. Semua kandungan itu bermanfaat bagi tubuh.

Dengan demikian, buah semangka mempunyai khasiat sehat bagi tubuh karena mengandung antioksidan, kandungan air yang banyak, memiliki kalori rendah, mengandung vitamin C dan A.

Tinggalkan komentar