Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam?

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam

Semua makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas makhluk hidup dan benda mati. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

Makhluk hidup dan benda mati saling memengaruhi. Keduanya saling memengaruhi. Salah satu bentuk hubungan antara makhluk hidup dan benda mati adalah kehidupan tanaman yang dipengaruhi olehjenis tanah, suhu, dan curah hujan. Jika jenis tanah, suhu, dan curah hujan sesuai, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Pertumbuhan tanaman yang baik juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan.

Makhluk hidup juga memengaruhi benda mati. Contohnya di daerah yang banyak tumbuhannya memiliki udara sejuk. Di daerah itu cenderung memiliki air tanah yang baik dan melimpah. Hal itu terjadi karena tanaman membantu tanah untuk menahan dan menyimpan air di dalam tanah dengan baik.

Bagaimanakah hubungan manusia dengan lingkungan alam? Hubungan manusia dengan lingkungan alam dibedakan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dan hubungan manusia dalam memanfaatkan lingkungan alam. Contoh cara manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanah dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan berlayar pada waktu yang sesuai dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Manusia harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebuhannya hidupnya. Untuk itu, manusia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada saat terjadi kemarau panjang, bisa terjadi kekeringan. Untuk mengatasi hal tersebut, manusia bisa mencoba untuk membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan tentu memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam?

Jawaban :

“Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup.”

Penjelasan :

Teks di atas memiliki lima paragraf. Masing-masing paragraf memiliki kesinambungan topik, yakni hubungan manusia dengan lingkungan alam sesuai dengan judulnya.

Pada soal ditanyakan pengertian lingkungan alam. Jawaban atas pertanyaan ini dapat ditemukan dengan cara membaca keseluruhan isi topik. Setelah melakukan pembacaan ditemukan jawaban pada paragraf pertama, kalimat ke-1 hingga kalimat ke-3, yakni “Semua makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas makhluk hidup dan benda mati. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.” Berdasarkan kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua mahluk hidup.

Dengan demikian, lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua mahluk hidup.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.