Mengapa konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup tinggi pada wilayah tertentu dapat mempengaruhi ketimpangan pembangunan antar wilayah

Mengapa konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup tinggi pada wilayah tertentu dapat mempengaruhi ketimpangan pembangunan antar wilayah…

Jawaban :

Perbedaan tingkat konsentrasi ekonomi dapat memengaruhi ketimpangan pembangunan karena adanya ketimpangan perputaran uang dan aktivitas ekonomi antar masyarakat.

Pembahasan :

Kegiatan ekonomi merupakan semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain kegiatan ekonomi dapat membantu manusia dalam memenuhi hidupnya. Saat kegiatan ekonomi di satu daerah lebih tinggi daripada daerah lainnya, maka tingkat pemenuhan kebutuhannya akan berbeda.Daerah yang tinggi kegiatan ekonominya lebih mudah memenuhi kebutuhannya, karena barang dan jasa tersedia. Serta perputaran uang dapat berjalan dengan lancar. Perputaran uang ini dapat memberikan efek positif baik bagi produsen dan konsumen. Bagi konsumen uang yang diterima dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, dan bagi sisi produsen uang dapat membantu kegiatan produksinya terus beroperasi. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi daerah yang memiliki tingkat kegiatan ekonomi yang masih masih rendah. Akibat dari perbedaan ini, kemampuan suatu daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong proses pembangunan juga menjadi berbeda.

Berdasarkan penjelasan di atas maka tingkat konsentrasi ekonomi dapat memengaruhi ketimpangan pembangunan karena adanya ketimpangan perputaran uang dan aktivitas ekonomi antar masyarakat.

Check Also

Aplikasi Jual Foto Online

Aplikasi Jual Foto Online

  Aplikasi Jual Foto Online – Tidak harus menjadi fotografer profesional dan memiliki kamera DSLR …